Powered By Blogger

Rabu, 17 November 2010

EKONOMI KOPERASI

1. Pengertian Koperasi

Setelah saya teliti dari berbagai sumber pengertian koperasi itu sendiri adalah suatu organisasi atau badan usaha yang beranggotakan orang yang berasas kekeluargaan dan demokrasi. Koperasi juga merupakan organisasi ekonomi yang berusaha menggerakkan potensi sumber daya ekonomi demi memajukan kesejahteraan anggota. Karena sumber daya ekonomi tersebut terbatas, dan dalam mengembangkan koperasi harus mengutamakan kepentingan anggota, maka koperasi harus mampu bekerja seefisien mungkin dan mengikuti prinsip-prinsip koperasi dan kaidah-kaidah ekonomi.

Prinsip-prinsip Koperasi:
1) Keanggotaan koperasi bersifat sukarela dan terbuka.
2) Pengelolaan koperasi dilakukan secara demokratis.
3) Sisa hasil usaha (SHU) yang merupakan keuntungan dari usaha yang dilakukan oleh koperasi dibagi berdasarkan besarnya jasa masing-masing anggota.
4) Modal diberi balas jasa secara terbatas.
5) Koperasi bersifat mandiri.

Selain memiliki prisip yang sudah saya sebutkan diatas, koperasi sendiri memiliki tujuan, yaitu:
Koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perkeonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan Undang-Undang Dasar 1945.

2 Perkembangan Koperasi di Indonesia

Menurut saya perkembangan koperasi di Indonesia cukup baik, karena koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat yang menyatukan kaum ekonomi lemah ,koperasi telah membantu membangun ekonomi negara–negara di dunia baik negara maju maupun negara berkembang. Bahkan sekarang koperasi di negara–negara maju tidak hanya sebagai unit ekonomi kecil lagi tetapi,sudah berkembang menjadi unit ekonomi yang besar,strategis dan punya daya saing dengan perusahaan–perusahaan skala besar.
Begitupun di Indonesia ,koperasi menjadi salah satu unit ekonomi yang punya peran besar dalam memakmurkan negara Indonesia sejak zaman penjajahan sampai sekarang. Walaupun perkembangan koperasi di Indonesia bisa dibilang lumayan pesat tetapi pekembanganya tidak sepesat di negara–negara maju. Itu disebabkan oleh:
a. Imej koperasi sebagai ekonomi kelas dua masih tertanam dalam benak orang–orang Indonesia sehingga, menjadi sedikit penghambat dalam pengembangan koperasi menjadi unit ekonomi yang lebih besar ,maju dan punya daya saing dengan perusahaan-perusahaan besar.
b. Tingkat partisipasi anggota koperasi masih rendah, ini disebabkan sosialisasi yang belum optimal. Masyarakat yang menjadi anggota hanya sebatas tahu koperasi itu hanya untuk melayani konsumen seperti biasa, baik untuk barang konsumsi atau pinjaman. Artinya masyarakat belum tahu arti dari koperasi itu sendiri, baik dari sistem permodalan maupun sistem kepemilikannya.
c. Kurangnya motivasi pengurus terhadap kelangsungan hidup koperasi.Ini berarti bahwa kepribadian dan mental pengurus,pengawas,manajer belum berjiwa koperasi sehingga harus diperbaiki lagi.

3. Tokoh yang Mendapatkan Nobel Perdamaian

Menurut saya Bapak koperasi berhak mendapatkan nobel perdamaian, karena bapak koperasi yang menjadi pemimpin serta yang menentukan kelangsungan dalam kegiatan kopeasi dan koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perkeonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan Undang-Undang Dasar 1945.

Adapun tokoh lain yang berhak mendapatkan Nobel Perdamaian:
Semasa aktiv sebagai pemain, Roberto Baggio merupakan penyerang kelas wahid. Salah satu pencetak gol terbanyak Serie A dengan 205 gol ini resmi gantung sepatu di tahun 2004 saat memperkuat Brescia. Pernah meraih Ballon d’Or tahun 1993, selepas gantung sepatu kemudian banyak menghabiskan waktu di bidang kemanusiaan. Penganut Buddha ini dikenal sering menumbang dalam banyak acara amal dalam penggalangan dana kemanusiaan di seluruh dunia.

Legenda sepakbola Italia Roberto Baggio mendapatkan nobel penghargaan khusus perdamaian 2010. Pria 43 tahun itu terpilih pada KTT Perdamaian 2010, Selasa (9/10/2010) atas upayanya mendukung kebebasan Aung San Suu Kyi, tokoh demokrasi Myanmar. Legenda sepakbola Italia Roberto Baggio mendapatkan nobel penghargaan khusus perdamaian 2010. Pria 43 tahun itu terpilih pada KTT Perdamaian 2010, Selasa (9/10/2010) atas upayanya mendukung kebebasan Aung San Suu Kyi, tokoh demokrasi Myanmar.Pemain terbaik FIFA 1993 ini dikenal dermawan dalam dunia sepakbola. Dia kerap menyumbang dan mengumpulkan dana untuk membantu rumah sakit, korban bencana alam (Haiti), memerangi flu burung dan mendukung kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Pemberian penghargaan ini dilaksanakan di kota Hiroshima, atau sebuah kota di Jepang yang dijatuhkan bom atom oleh Amerika Serikat pada 1945 dan menewaskan lebih dari 140 ribu orang. Penghargaan khusus juga akan diberikan kepada perwakilan korban bom atom tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar