Powered By Blogger

Jumat, 05 November 2010

Pandangan dan Pedoman Hidup Terhadap Pancasila serta Agama

"Agama merupakan pandangan dan pedoman hidup dalam dalam kehidupan sehari-sehari, termasuk hidup berorganisasi. Pancasila juga merupakan pedoman dalam semua segi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Apakah itu tidak berarti mengagamakan pancasila??"

Penjelasan:

Dalam pernyataan di atas bahwa “mengagamakan pancasila” itu sangatlah tidak benar atau dapat kita bantah, karena yang dimaksud bahwa pancasila sebagai pedoman dalam segi kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu, pancasila dipergunakan sebagai petunjuk arah kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan disegala bidang. Yang berarti tingkah laku dan tindak/perbuatan setiap manusia Indonesia harus dijiwai dan merupakan pancaran dari semua sila pancasila karena pancasila merupakan satu kesatuan, tidak bisa dipisah-pisahkan satu dengan yang lain, keseluruhan sila di dalam pancasila meupakan satu kesatuan organis. Pancasila juga sebagai norma fundamental sehingga yang berfungsi sebagai cita-cita atau ide yang membuat kita agar selalu berusaha untuk mewujudkannya menjadi nyata.
Oleh karena itu, yang mungkin dapat dikemukakan adalah pancasila sebagai pegangan hidup bangsa, dalam pelaksanaan hidup sehari-hari dan tidak boleh bertentangan dengan norma-norma agama, norma-norma kesusilaan, norma-norma sopan-santun, dan tidak bertentangan dengan norma-norma yang berlaku.

Dan agama adalah pedoman hidup kita yang khususnya berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari. Harus disadari bahwa kebenaran yang yang dapat dicapai oleh kita adalah kebenaran yang masih relatik tidak absolute atau mutlak. Kebenaran yang absolut.atau mutlak adalah kebenaran yang ada pada Tuhan Yang Maha Esa. untuk menyederhanakan Ideologi hanya sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila bukanlah agama karena kesederhanaan dan keumuman nilai-nilai yang terdapat di dalamnya, sedangkan agama sangatlah kompleks untuk diterjemahkan dan nilai-nalinya yang bersifat khusus bagi penganutnya, sedangkan pancasila menjadi sebuah nilai-nilai umum yang berlaku bagi seluruh rakyat Indonesia, apapun latar belakang agamanya.
Kesimpulan:
kita boleh saja menjadikan pancasila sebagai pedoman hidup kita, karena pancasila juga mengarahkan kita kepada kebaikan. Tetapi jangan sampai menyimpang dari norma-norma yang berlaku. Dan agama adalah pedoman kita sehari-hari yang khususnya hubungan antara manusia dengan sang pencipta yaitu Tuhan Yang Maha Esa. Dan agama bukan hanya mengajarkan kita kepada kebaikan tap jugi kebenaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar